Pemerintah Pastikan ASN Pindah ke IKN Mulai Januari 2025

1

BeritaYogya.com – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas, mengonfirmasi bahwa Aparatur Sipil Negara (ASN) akan mulai dipindahkan ke Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Januari 2025. Ia menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo telah memberikan instruksi untuk memulai pemindahan tersebut.

“Saya baru saja mendapat perintah dari Bapak Presiden, bahwa ASN akan pindah ke IKN mulai Januari 2025,” ujar Anas di Jakarta Selatan, Selasa (8/10/2024).

Pemerintah sedang mempersiapkan berbagai insentif untuk ASN yang akan dipindahkan, termasuk mengatur pemberangkatan dan menyelesaikan sejumlah data terkait.

“Kami sedang menyiapkan skema pemberangkatan dan insentif untuk ASN yang akan pindah ke IKN,” tambahnya.

Sebelumnya, rencana pemindahan ini melibatkan 3.200 ASN yang belum berkeluarga dan 1.700 ASN yang sudah berkeluarga. Namun, ada kemungkinan penundaan karena Presiden Joko Widodo menginginkan agar semua persiapan dilakukan secara matang.

Anas menegaskan bahwa pihaknya telah menyiapkan berbagai skenario terkait pemindahan ASN, termasuk pemetaan pejabat eselon 1 dan 2 yang akan dipindahkan serta seluruh kementerian dan lembaga terkait.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here