PDIP dan Anies Baswedan Temukan Kesamaan Nasib, Buka Peluang Kerja Sama di Pilkada Jakarta

4
Anies Baswedan mengunjungi Kantor DPD PDI Perjuangan Jakarta (Sumber: Istimewa)

BeritaYogya.com – Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Ahmad Basarah, menyatakan bahwa partainya memiliki kesamaan nasib dengan mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Kesamaan ini, menurut Basarah, telah membuka jalan bagi PDIP dan Anies untuk memulai komunikasi politik, khususnya menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta.

Basarah menjelaskan bahwa baik PDIP maupun Anies sama-sama menjadi target untuk dieliminasi dan dikucilkan dari kancah politik. Oleh karena itu, mereka memiliki tujuan yang serupa untuk menjadi antitesis terhadap upaya politik yang bertujuan untuk menciptakan keseragaman politik dalam sistem oligarki.

“Kami sama-sama diperlakukan untuk dieliminasi dari panggung politik dan dikucilkan. Sehingga kami memiliki kesamaan kehendak untuk melawan upaya politik yang mencoba menciptakan keseragaman dalam sistem oligarki,” ujar Basarah setelah menghadiri Muktamar Partai Kebangkitan Bangsa di Bali Nusa Dua Convention Center, Badung, Bali, pada Sabtu, 24 Agustus 2024.

Basarah menegaskan bahwa persamaan nasib ini menjadi alasan bagi PDIP untuk bertemu dengan Anies. “Yang pasti, Anies dan PDIP dipertemukan oleh kesamaan nasib,” ungkapnya.

PDIP akan menunggu laporan dari pertemuan antara Anies dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Jakarta yang berlangsung pada Sabtu siang sebelum menentukan langkah selanjutnya. Basarah juga menyebut bahwa PDIP masih membuka peluang untuk mengusung Anies dalam Pilkada Jakarta, dengan kemungkinan PDIP mengajukan calon wakil gubernur.

Lebih lanjut, Basarah menekankan bahwa potensi pengusungan Anies tidak akan sepenuhnya bergantung pada status keanggotaan Anies di PDIP, melainkan pada komitmen tulus untuk bekerja sama. “Terutama dalam hal-hal fundamental seperti prinsip-prinsip ideologi dan platform perjuangan,” ujarnya.

Anies Baswedan sebelumnya mengunjungi kantor DPD PDIP Jakarta pada Sabtu siang, 24 Agustus 2024. Anies tidak menjelaskan secara rinci apakah pertemuan tersebut terkait Pilkada 2024, tetapi menyebutkan bahwa hubungan antara dirinya dan PDIP akan terus terjalin dengan baik. “Alhamdulillah selama ini hubungan kami baik, dan Insya Allah akan terus baik,” kata Anies.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here