Ganjar Optimis Menyebut Jawa Tengah Masih Kandang Banteng

8
Capres PDIP, Ganjar Pranowo (Foto: PDIP Bali)

BeritaYogya.com – Ganjar Pranowo, yang merupakan bakal calon presiden dari PDIP, percaya bahwa Jawa Tengah masih tetap menjadi “kandang banteng,” meskipun dia akan bersaing dengan Gibran Rakabuming, putra sulung Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), yang akan menjadi cawapres Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

Ganjar menyatakan bahwa perhitungan elektoral timnya di Jateng tetap sama, meskipun Gibran, yang juga menjabat sebagai Wali Kota Solo, akan menjadi salah satu pesaingnya. Menurutnya, semua kader PDIP dan relawan akan bekerja lebih keras untuk memastikan kemenangan dirinya.

“Perhitungan di Jateng masih sama. Karena Jateng adalah kandang banteng. Maka, kader kami pasti siap,” ungkap Ganjar dalam wawancara program Special Interview CNN Indonesia TV, Selasa (31/10) malam.

Terkait pencalonan Gibran, Ganjar mengungkapkan bahwa dia juga telah menghadapi pengalaman serupa saat maju sebagai Gubernur Jateng dalam periode pertama. Saat itu, dia menghadapi dua mantan kader PDIP dan simpatisan lainnya. Meskipun begitu, dia tetap berhasil meraih kemenangan.

“Pengalaman saya saat saya mencalonkan diri sebagai Gubernur Jateng dalam periode pertama. Saya menghadapi lawan yang serupa, yaitu mantan kader PDIP dan dua orang simpatisan. Hasilnya, saya tetap menang,” kata Ganjar.

Menurut Ganjar, pengalaman tersebut menunjukkan bahwa partainya telah berhasil melakukan konsolidasi yang baik. Namun, dia tetap berusaha untuk tidak terlalu percaya diri. Ganjar mengungkapkan bahwa dia telah menyusun sejumlah skenario lain yang mungkin terjadi di Jateng.

“Tentu saja, kita memiliki rencana A, B, C. Kami tidak boleh sombong. Kami akan terus bekerja untuk bertemu dengan masyarakat,” ungkap Ganjar.

Selain itu, Ganjar juga mengakui bahwa Jawa merupakan medan pertempuran suara yang sangat penting pada Pilpres 2024, mengingat populasi yang tinggi di wilayah tersebut. Meskipun begitu, dia tetap menganggap bahwa pertarungan suara akan terjadi di seluruh wilayah.

Ganjar menyatakan keinginannya agar seluruh wilayah di Indonesia memiliki representasi yang kuat. Oleh karena itu, dia telah membagi tugas pemenangan dengan pasangannya, Mahfud MD.

“Perhatian dan representasi dari luar Jawa sangat penting. Itulah mengapa, saya baru-baru ini berkunjung ke Sumatera, sementara beliau pergi ke Maluku, karena wilayah-wilayah ini perlu dikunjungi. Saya juga sangat ingin segera mengunjungi Papua dan Aceh,” tambah Ganjar.

Ganjar maju bersama Mahfud MD sebagai pasangan calon presiden dan calon wakil presiden dalam Pilpres 2024. Pasangan Ganjar-Mahfud MD diusung oleh PDIP dan PPP, serta mendapatkan dukungan dari Perindo dan Hanura.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here