Rony Wijaya Pilih Berpasangan dengan Joko Purnomo di Pilkada Bantul 2024

10
Rony Wijaya Indra Gunawan (tengah) bersama dengan Sekretaris DPC PDIP Bantul Hanung Raharjo dan Ketua Bapilu DPC PDIP Bantul Rajut S (Sumber: Istimewa)

BeritaYogya.com – Ketua DPC Partai Demokrat Bantul, Rony Wijaya Indra Gunawan, yang juga bakal calon Wakil Bupati Bantul, akhirnya mengungkapkan alasannya meninggalkan Abdul Halim Muslih dan memilih berpasangan dengan Ketua DPC PDIP Bantul, Joko Budi Purnomo, dalam Pilkada Bantul 2024.

Sebelumnya, Rony telah mendapatkan rekomendasi dari DPP Partai Demokrat untuk mendampingi Abdul Halim Muslih, Ketua DPC PKB Bantul, sebagai calon Wakil Bupati Bantul. Namun, Rony menjelaskan bahwa keputusan tersebut berubah setelah adanya dinamika dalam komunikasi politik dengan PKB.

“Komunikasi politik itu penting, dan kami memilih jalur yang lebih cepat. Sebagai orang yang berlatar belakang ekonomi, kami harus bertindak cepat, tetapi tetap memperhitungkan kekuatan,” ujar Rony pada Kamis, 22 Agustus 2024.

Rony menjelaskan bahwa sebelumnya Partai Demokrat dan PKB telah menjalin kesepakatan untuk maju bersama dalam Pilkada Bantul 2024. Namun, menurutnya, PKB mengingkari Memorandum of Understanding (MoU) yang telah disepakati, sehingga ia memutuskan untuk merapat ke PDIP.

“Karena ketidakjelasan MoU tersebut, kami memutuskan untuk menjalin komunikasi dengan PDIP,” lanjut Rony.

Setelah pengumuman pasangan calon dari DPP PDIP, Rony yang saat ini berada di Jakarta akan segera menuju ke DPP Partai Demokrat untuk mengurus perubahan rekomendasi pasangan calon. Rony akan diusulkan sebagai calon Wakil Bupati mendampingi Joko Budi Purnomo, calon Bupati dari PDIP. “Berkas untuk pendaftaran sudah siap, tinggal mengurus rekomendasi dari DPP,” kata Rony.

Sementara itu, Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPC PDI Perjuangan Bantul, Rajut Sukasworo, menyatakan bahwa setelah pengumuman dari DPP, pihaknya akan langsung berkonsolidasi dengan Partai Demokrat. “Rekomendasi dari DPP Demokrat akan segera keluar hari ini,” ujar Rajut.

PDIP juga akan segera berkomunikasi dengan partai politik lainnya yang bersedia bekerja sama dengan PDIP dan Partai Demokrat untuk memenangkan pasangan Joko Purnomo dan Rony Wijaya. “Partai mana saja yang akan bergabung, akan kami umumkan dalam waktu dekat,” tambah Rajut.

Di sisi lain, Sekretaris DPC PKB Bantul, Subhan Nawwawi, yang juga Ketua Tim 9 PKB Bantul, menyatakan bahwa ia menghormati keputusan Rony untuk beralih pasangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here